Decision
Support Systems(Sistem
penunjang keputusan)
DSS
menurut Moore and Chang, SPK dapat digambarkan sebagai sistemyang berkemampuan
mendukung analisis ad hoc data, dan pemodelankeputusan, berorientasi keputusan,
orientasi perencanaan masa depan, dandigunakan pada saat-saat yang tidak biasa.Sistem
Pendukung Keputusan (DSS) dibuat sebagai suatu cara untukmemenuhi kebutuhan
seorang manajer dalam membuat keputusan yangspesifik dalam memecahkan
permasalah yang spesifik pula.
Tahapan Dalam Pengambilan Keputusan
1.
Tahap Pemahaman
2.
Tahap Perancangan
3.
Tahap Pemilihan
4.
Tahap Penerapan
1.
Tahap Pemahaman
Sebuah proses pemahaman
terhadap masalah dengan mengidentifikasi danmempelajari masalah terhadap lingkungan
yang memerlukan data > mengolah data >mengujinya>menjadikan
petunjuk dalam menemukanpokok masalah>mencari solusi>bergerak dari tingkat
sistem kesubsistem.
2.
Tahap Perancangan
Sebuah proses pengembangan, analisis dan pencarian alternatif
tindakanatau solusi yang mungkin untuk di ambil/ di lakukan>Identifikasi
danmengevaluasi alternative.
3.
Tahap Pemilihan
Sebuah proses pemilihan salah satu alternatif solusi yang
dimunculkan padatahap perancangan untuk menentukan arah tindakan denganmemperhatikan
kriteria-kriteria berdasar tujuan yang dapat dicapai padatahap berikutnya>memilih
solusi terbaik.
4.
Tahap Penerapan
Sebuah proses untuk
melaksanakan dan menerapkan alternatif tindakanyang dipilih untuk menyelesaikan
permasalahan yang telah di identifikasi>Menerapkan solusi dan membuat
tindak lanjut.
Jenis Keputusan
·
Keputusan Tak Terprogam:
tidak terprogram, tidak ada metode pastiuntuk menangani masalah
·
Keputusan Terprogram:
berulang dan rutin, suatu prosedure dilakukanbukan sebagai sesuatu yang baru
·
Keputusan Semi Terprogram:
kombinasi tak terprogram dan terprogram
Jenis Masalah
·
Masalah terstruktur terdapat
pada 3 tahap (pemahaman, perancangan dan pemilihan)
·
Masalah tidak
terstruktur tidak terdapat dalam 4 tahap
- · Masalah semi terstruktur
- Keharusan dari DSS
- · Membantu manajer dalam membuat keputusan untuk memecahkanmasalah semi terstruktur
- · Mendukung penilaian manajer
- · Meningkatkan efektivitas pengambilan keputusan manajer dari hanyasekedar efisiensi
Perlu di ingat, bahwa: ”DSS TIDAK
MENGGANTIKAN MANAJER”
Model DSS
Terdapat Database, yang isinya digunakan oleh:
·
Perangkat Lunak Penulisan
Laporanmenghasilkan laporan periodik maupun khusus
·
Model
Matematikamenghasilkan informasi sebagai hasil dari simulasi yang melibatkan
satuatau beberapa komponen
Perangkat Lunak GDSS
Perangkat Lunak Penulisan LaporanLaporan
periodik = disiapkan sesuai jadwal
Laporan khusus = disiapkan ketika
sesuatu yang luar biasa terjadi Menyatukan Management by Exception ke
dalam laporan.
Perangkat Lunak Penulisan Laporan
Menyatukan Management by
Exception ke dalam laporan>konsep yangmemungkinkan manajer hanya memperhatikan
aktifitas yang layakmendapatkan perhatian manajemen Dapat disatukan dalam
satu laporan melalui 4 cara :
- · Menyiapkan laporan hanya jika terjadi perkecualian
- · Menggunakan urutan laporan untuk menyoroti perkecualian
- · Mengelompokkan perkecualian bersama-sama
- · Menunjukkan varians dari norma
Perangkat Lunak GDSS (group DSS)
Memungkinkan beberapa pemecah
masalah bekerja bersama-sama sebagaisatu kelompok untuk mencapai solusi.
Pemecah masalah dapat mewakilisebuah komite atau tim proyek, para anggota kelompok
dapatberkomunikasi secara langsung atau melalui GDSS.
GDSS
Suatu sistem berbasis komputer
yang mendukung kelompok-kelompokorang yang terlibat dalam satu tugas (tujuan) bersama
dan yangmenyediakan interfase bagi suatu lingkungan yang digunakan bersama Proses
yang terjadi pada GDSS :
- · Mengorganisasi pendapat yang muncul dalam kelompok
- · Mengumpulkan informasi
- · Mengurutkan berdasar prioritas
- · Mengumpulkan aspek-aspek pendukung
Otomasi Perkantoran (Office Automation)
Definisi otomasi perkantoran atau
office automation mencakup semuasistem informasi formal dan informal, terutama
yang berkaitan dengan caraberkomunikasi dan penyebaran informasi ke dan
dari orang-orang dalam maupun diluar organisasi (perusahaan).
Siapa yang menggunakan OAKelompok Pemakai OA
·
Manajer= Pekerja Terdidik (knowledge
workers)
·
Profesional = Pekerja
Terdidik (knowledge workers)
·
Sekretaris
·
Pegawai administrasi
Tujuan OA
- · Mengurangi biaya administratif
- · Pemecahan masalah
- · Pelengkap dan bukan pengganti
Contoh Aplikasi OA
- · Pengolahan kata
- · Voice mail
- · FAX
- · Kalender elektronik
- · Konferensi audio/video
- · Konferensi komputer
- · Imaging
- · Dekstop publishing
Pengolah Kata (Word Processing):
Penggunaan alat elektronik yang secaraotomatis melaksanakan banyak tugas yang
berkaitan dengan penyiapandokumen yang tercetak.
Electronic Mail (E-mail):Penggunaan
jaringan komputer yang memungkinkanpara pemakai mengirim, menyimpan dan
menerima pesan-pesan denganmenggunakan terminak komputer dan alat penyimpanan.
Voice Mail: Pengiriman pesan
dengan mengucapkan ke dalam telepon, danpesan yang telah terkirim, oleh
penerima dapat diambil melalui telepon juga.
Kalender Elektronik: Penggunaan
jaringan komputer untuk membuat,menyimpan dan mengambil agenda pertemuan
(jadwal kerja).
Facsimile Transmision (FAX):
Penggunaan peralatan komunikasi khususyang dapat membaca document pada satu
ujung saluran komnukasi danmembuat salinannya di ujung yang lain.
Konferensi Audio: Penggunaan
peralatan komunikasi suara untuk membuatsuatu hubungan audio diantara
orang-orang yang tersebar secara geografisdengan tujuan melaksanakan
konferensi.
Daya tarik konferensi audio :
·
Biaya relatif murah bagi
perusahaan
·
Orang-orang merasa nyaman
berbicara
·
Butuh beberapa menit saja
untuk menyiapkan peralatan
Sistem Informasi Eksekutif (Executive Information
System)
“Orang kaya bukanlah sekedar orang miskin dengan uang yang lebihbanyak”.
Seorang pakar
EIS Pierre Martineau menyatakan bahwa "Eksekutif bukanlah sekedar manager
tingkat rendah dengan pangkat yang lebihtinggi”. EKSEKUTIF, Istilah ini
digunakan untuk mengidentifikasi manager padatingkat atas, hal ini terlihat bahwa
pada level ini terjadi perencanaanstrategis dan penetapan kebijakan perusahaan.
Penelitian Jones dan McLeod
menjelaskan bahwa EIS berarti:
- Berapa banyak informasi yang dapat sampai ke fihak eksekutif
- Berapa nilai dari informasi tersebut
- Dari mana sumber informasi tersebut diperoleh
- Apa media yang digunakan untuk mengkomunikasikan informasi
- Apa kegunaan informasi
Penelitian Rockart dan Treacy, mengemukakan bahwa Sistem
dalam EISmengandung maksud:
- · Tujuan Sentral
- · Inti Data Bersama
- · Dua Metode Penggunaan Utama
- · Organisasi Pendukung Meningkatkan komponen non komputer
- · Mencatat transaksi informasi yang masuk
- · Merangsang sumber bernilai tinggi
- · Memanfaatkan peluang
- · Menyesuaikan sistem pada perseorangan
- · Memanfaatkan teknologi
Model EISSistem
Pakar (Expert System)
Merupakan program pemberi
nasihat atau program konsultasi yang berisipengetahuan dan pengalaman yang
dimasukkan oleh satu atau banyakpakar untuk dapat dimanfaatkan dalam memecahkan
berbagai masalah.
Merupakan bagian dari Artificial
Intelegent (AI) atau kecerdasan buatan. Berbeda dengan SPK, Sistem pakar berbasis
pengetahuan (knowledgebase), terdiri dari :
- · User Interface
- · Knowledge Base
- · Inferensi Engine
- · Development Engine
- http://www.academia.edu/912891/SISTEM_PENDUKUNG_KEPUTUSAN_DECISION_SUPPORT_SYSTEM_I
0 komentar:
Posting Komentar